Senin, 13 Januari 2014

PUPUTAN



Puput berasal dari kata puput yang berarti lepas. Upacara puputan sering disebut dengan dhautan yang diselenggarakan pada sore hari untuk menandai putusnya tali pusar bayi dengan mengadakan selamatan.
Waktu penyelenggaraan upacara puputan di Tegal tidak dapat ditentukan secara pasti karena putusnya tali pusar masing-masing bayi tidak sama. Biasanya setelah bayi berumur satu minggu biasanya kurang dari satu minggu.
Di daerahku puputan diselenggarakan dengan acara melek sewengi oleh orang tua bayi atau bersama dengan para tetangganya. Dalam prosesi melek sewengi bayi di pangku oleh sang ibu uniknya lagi bantal yang digunakan oleh sang bayi adalah beras yang dikelilingi benang atau biasanya disebut dengan kandang benang.  Ada tujuannya mengapa bantal bayi menggunakan beras yang dikelilingi oleh benang yaitu supaya bentuk kepala bayi bagus.
Dalam prosesi ini makanan yang disajikan sederhana saja  yaitu bubur  merah putih, dan bubur merah putih tersebut nantinya dibagikan kepada keluarga dan para tetangga terdekatnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar